Website yang Menyajikan Berbagai Artikel-Artikel Menarik, Up To Date, Tips dan Trik, Tutorial Blog

Online Marketing Indonesia

Online Marketing Indonesia - Segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.

Internet telah mengubah pemasaran bisnis. Terjadi peningkatan pesat dalam jumlah perusahaan e-commerce menjual barang secara online. Beberapa beroperasi hanya di bidang online. Banyak orang lain yang batu bata dan bisnis mortir yang juga menawarkan produk dan jasa melalui situs Web mereka.

Namun banyak model bisnis lain yang menggunakan internet untuk mempromosikan bisnis mereka melalui website, blog, email, situs media sosial seperti Twitter dan jejaring lain seperti LinkedIn. Terlebih lagi, internet marketing memungkinkan Anda untuk melaksanakan kegiatan pemasaran yang berkisar dari riset pasar untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Online Marketing Indonesia
Internet Marketing

Adapun berbagai cara untuk melakukan pemasaran bisnis Anda secara online :

1. E-commerce

E-commerce menawarkan banyak keuntungan dibandingkan model bisnis tradisional. Tidak sedikit overhead rendah dan kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Anda juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian langsung dari website Anda. Tapi itu adalah dunia yang sangat kompetitif di luar sana dan efektif, perusahaan kecil harus di atas permainan mereka. Semuanya dari desain website dan optimasi mesin pencari untuk membayar-per-klik iklan dan metode pembayaran yang aman harus tepat.

2. Website Marketing

Sebuah situs website dapat membantu pelanggan Anda menemukan Anda, memberikan rincian kontak dan menampilkan pekerjaan Anda. Tapi peluang pemasaran bahwa hadiah internet pergi jauh lebih luas dan lebih dalam dari ini.

Anda dapat memberitahu pengunjung tentang produk atau layanan dan mempromosikan penawaran khusus. Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna dan memungkinkan pelanggan untuk memberikan umpan balik.

3. Mempromosikan Perusahaan Anda secara Online

Website Anda tidak ada gunanya jika tidak ada yang mengunjungi. Langkah sederhana seperti memilih nama yang mudah diingat, mempromosikan website Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda melalui kampanye pemasaran email dan termasuk alamat web Anda dalam materi pemasaran dicetak dan perusahaan alat tulis semua bisa membantu.

Sosial media pemasaran sekarang secara rutin digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka secara online dan terlibat dengan pelanggan dan membangun reputasi dan merek mereka. Membangun kehadiran di Twitter, Facebook dan LinkedIn dapat memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan exisiting dan baru, target pasar.

Anda juga dapat menggunakan setara online untuk metode pemasaran tradisional - iklan di situs-situs lain yang target pelanggan Anda cenderung untuk mengunjungi, misalnya, atau mendirikan hubungan pemasaran afiliasi dengan perusahaan lain.

Tapi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan visibilitas muncul tinggi di peringkat mesin pencari. Optimisasi mesin pencari dan membayar per klik iklan umumnya dianggap cara terbaik untuk mendapatkan orang ke situs Anda.

4. Email Marketing

Email adalah cara yang mudah dan biaya efektif untuk memberitahu pelanggan yang ada dan potensial tentang penawaran, untuk menanggapi permintaan dan memberikan dukungan pelanggan. Pesan email dapat digunakan untuk menyorot penawaran khusus dan produk baru dan dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Website Anda.

Email pemasaran memiliki manfaat biaya yang lebih rendah dan tingkat respon tinggi dari surat pemasaran tradisional. Hal ini juga mudah untuk melacak respon sehingga Anda dapat dengan mudah menguji apa yang bekerja dan tweak email Anda untuk meningkatkan tingkat respons.

Tapi Anda juga dapat menggunakan bentuk-bentuk lain dari komunikasi online sebagai bagian dari strategi pemasaran internet Anda. Anda dapat menulis blog, menulis komentar di forum diskusi, menulis artikel untuk situs web industri dan menggunakan jaringan sosial untuk membangun hubungan.

5. Jaringan sosial

Situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn adalah alat penting untuk membantu Anda menjangkau target pasar Anda secara online. Mereka memungkinkan Anda untuk mengatur keluar kios Anda, menunjukkan keahlian Anda dan membangun hubungan dengan pelanggan, prospek dan pemasok. Di atas semua mereka memungkinkan Anda untuk mempromosikan diri Anda dan bisnis secara luas, mengarahkan lalu lintas kembali ke website Anda dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Lingkungan pemasaran Internet

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui :

  • Mesin pencari
  • Surat elektronik
  • Afiliasi

Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.

Manfaat Online Marketing


  1. Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
  2. Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  3. Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
  4. Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
  5. Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.

Sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Online Marketing Indonesia