Website yang Menyajikan Berbagai Artikel-Artikel Menarik, Up To Date, Tips dan Trik, Tutorial Blog

Pengertian dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe

Komputer Mainframe - Artikel yang Kami share saat ini ialah mengenai tentang Komputer Mainframe yang akan Kami jelaskan secara detail pengertian dan ciri-cirinya serta perbedaan antara Komputer Mainframe dengan Super Komputer.

Pengertian Mainframe

Komputer Mainframe adalah komputer yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.

Istilah awalnya disebut lemari besar yang disebut "frame utama" yang bertempat central processing unit dan memori utama komputer awal. Kemudian, istilah ini digunakan untuk membedakan mesin komersial high-end dari unit kurang kuat. Kebanyakan arsitektur sistem komputer berskala besar didirikan pada tahun 1960, namun terus berkembang.

Komputer Bingkai Utama (Mainframe) memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Pada tahun 1960an, Komputer Bingkai Utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Pada masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

Pengertian dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe
Komputer Mainframe

Ciri-Ciri Komputer Mainframe

  1. Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
  2. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik.
  3. Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.
  4. ContohKomputer Mainframe :
  • IBM System/360
  • IBM System(ESA)/390
  • Honeywell-Bull DPS 7

Pengertian Super Komputer

Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Penggunaan Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Pengertian dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe
Super Komputer

Perbandingan Mainframe dengan Super Komputer

  • Superkomputer adalah dioptimumkan untuk pengiraan rumit yang berlaku sebahagian besar di dalam memori. Peramalancuaca sesuai untuk supercomputer.
  • Mainframe yang dioptimalkan untuk pengiraan relatif sederhana yang melibatkan jumlah data yang besar luaran. insurans perniagaan atau aplikasi pemprosesanpenggajiansesuai untuk mainframe.
  • Supercomputer sering tujuan-dibina untuk satu atau beberapa tugas yang sangat khusus institusi (contohnya simulasi dan pemodelan). Mainframe biasanya menanganipelbagai tugas yang lebih luas (misalnya pemprosesan data, pergudangan). Akibatnya,superkomputer yang paling bisa desain satu-off, sedangkan mainframe biasanyamerupakan sebahagian daripada barisan model standard pengilang.
  • Mainframe, cenderung mempunyai banyak prosesor perkhidmatan tambahanmembantu prosesor utama mereka pusat (untuk sokongan kriptografi, I / O pengendalian,monitoring, memori pengendalian, dll) sehingga “jumlah prosesor” sebenarnya jauh lebihtinggi daripada yang akan menjadi jelas. desain Supercomputer cenderung untuk tidak menyertakan sebagai prosesor banyak perkhidmatan kerana mereka tidak lumayan menambah kekuatan nombor-nombor mentah. Perbezaan ini mungkin kabur dari masa kemasa sebagai kendala Hukum Moore menggalakkan pakar lebih dalam komponenpelayan.

Sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_bingkai_utama
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer
  • http://www.scribd.com/doc/51727022/Apakah-perbezaan-antara-superkomputer-dan-mainframe

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe